Persiapan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Berita TerbaruPersiapan Ibu Hamil Menjelang Persalinan – Setelah sekian lama mengandung, di penghujung masa kandungan akan ada proses kelahiran. Untuk itu, persiapan khusus menjelang proses kelahiran bayi pun harus dicanangkan. Hal ini dimaksudkan agar dalam menyambut kehadiran sang buah hati tidak ada kendala yang berarti. Sebagaimana diharapkan sebelumnya, proses persalinan bayi yang lancar adalah sesuatu hal yang harus diutamakan.

Berbicara soal persiapan ibu hamil menjelang persalinan, sebaiknya persiapan itu dilakukan jauh-jauh hari sebelum bayi lahir. Karena apa, semakin awal persiapan, semakin bagus untuk menunjang kelancaran persalinan. Baik dari segi fisik, psikis, serta kebutuhan ibu hamil sebelum dan sesudah persalinan. Nah, untuk menjawab itu semua, kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara yang tepat dalam rangka persiapan ibu hamil menjelang persalinan. Berikut ulasannya.

Persiapan Menjelang Persalinan

Cukup Gizi
Syarat utama sebagai persiapan menjelang persalinan yaitu cukup gizi. Mengapa demikian? Tentu kita bersama sudah mengetahui bahwa ibu hamil serta janin yang ada di dalam kandung semestinya mendapatkan nutrisi sehat yang cukup. Selain itu, kecukupan gizi bukan hanya ditekankan saat persiapan, melainkan juga setelah mengetahui kalau sang ibu sudah mengandung bayi. Selebihnya, untuk menunjang gizi yang cukup, maka harus menghindari konsumsi alkohol, makanan yang mengandung bahan pengawet, serta makanan yang mengandung merkuri.

Olahraga Ringan
Sebagaimana ditujukan bagi seorang ibu hamil, olahraga ringan harus senantiasa dilakukan setiap harinya. Sebab, kesehatan dan kebugaran ibu hamil sangatlah penting sehingga harus mendapatkan jatah olahraga ringan. Untuk teknisnya, ibu hamil bisa menerapkan kegiatan olahraga ringan seperti senam hamil, jalan-jalan ringan di sekitar rumah, relaksasi, dan lain sebagainya. Baik pagi hari maupun sore hari, jenis olahraga semacam itu sebaiknya konsisten dilakukan demi menunjang kesehatan sekaligus kebugaran yang nantinya juga akan berdampak baik bagi kandungan ibu hamil. Namun perlu dicatat bahwa setelah usia kandungan melewati masa 7 bulan, maka ibu hamil hanya dianjurkan untuk melakukan senam hamil, tidak yang lainnya.

Psikologis dan Mental Terjaga
Persiapan menjelang persalinan juga membutuhkan persiapan di sektor psikologis dan mental. Untuk kondisi psikologis seorang ibu hamil, sebaiknya harus stabil. Dalam artian tidak ada iringan tekanan atau stress selama menjalani persiapan. Sebab, apabila ibu hamil mengalami stress, maka hal itu sangat tidak baik untuk kesehatan kedua belah pihak. Baik untuk ibu maupun sang bayi. Sementara untuk mental, apalagi bagi ibu muda yang hamil kali pertama, juga harus diperhatikan. Mental sebaiknya harus kuat dan tidak mudah labil, karena jika hal itu terjadi maka proses persalinan akan terkendala.

Itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan kepada Anda, baik sang istri atau suami, sama-sama baiknya demi menambah pengetahuan mengenai persiapan ibu hamil menjelang persalinan.

0 komentar:

Posting Komentar