Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lamban/Lemot

Berita TerbaruPenyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lamban/Lemot – Aktivitas sehari-hari yang melibatkan perangkat komputer memanglah tidak semulus dari yang diperkirakan. Ada saja kendala yang menghadang disaat kita sedang sibuk mengoperasikan komputer. Di antara sekian banyak kendala, ada satu kendala yang paling sering dialami pengguna kebanyakan, yaitu proses lamban dalam pengoperasian komputer.

Percaya atau tidak, kendala semacam itu pasti membuat kita jengkel. Tugas-tugas yang tengah dikerjakan tidak kunjung menemui titik tuntas (selesai). Akibatnya, banyak waktu yang tersita hanya untuk menunggu loading komputer kita yang lamban. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut? Penasaran seperti apa? Berikut kami berikan beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi komputer lamban/lemot.

Komputer Lamban/Lemot

Spesifikasi Kurang Mumpuni
Kendala paling mendasar adalah ketersediaan spesifikasi komputer yang masih dirasa jadul atau ketinggalan jaman. Ini artinya, spesifikasi yang digunakan kurang mumpuni sehingga dapat berpengaruh terhadap proses pengerjaan data komputer. Solusi untuk hal semacam ini, Anda bisa mengganti spesifikasi atau membeli yang baru. Dengan catatan bahwa minimal penggunaan spesifikasi meliputi prosesor dual-core dan RAM 2 GB.

Penuhnya Kapasitas File Temp.
Perlu kita ketahui bersama bahwa saat komputer sedang beroperasi, maka disaat itu pula akan bertambah file yang masuk ke dalam folder bernamakan Temp. Apabila kapasitas folder tersebut tidak mencukupi, atau file yang terlalu besar sehingga kapasitas penuh, maka yang terjadi adalah efek lamban terhadap perangkat komputer yang kita gunakan. Cara mengatasinya cukup mudah yakni dengan memanfaatkan aplikasi yang bernama Ccleaner. Untuk teknisnya, terbilang cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi tersebut, lalu klik ‘Analys’. Kemudian untuk membersihkan file Temp., klik ‘Run Cleaner’.

Banyak Aplikasi yang Terinstal
Terkadang beberapa dari kita kurang memperhatikan poin ini. Secara, kita terlalu sering menginstal banyak aplikasi yang sekiranya tidak bermanfaat bagi pekerjaan kita. Sehingga yang terjadi adalah dampak buruk terhadap komputer kita berupa proses yang cukup lamban dalam menjalankan aplikasi atau sejenisnya. Untuk mengatasi masalah semacam ini, Anda bisa meng-uninstal secara manual atau dapat menggunakan aplikasi Ccleaner. Buka aplikasi, lalu pilih tab tools, klik ‘Startup’. Kemudian, disable aplikasi-aplikasi tidak berguna/tidak penting.

Rusaknya Komponen Penting
Komponen penting di dalam sebuah komputer terbilang cukup banyak. Akan tetapi, ada satu sorotan yang seringkali berdampak kepada lambannya proses komputer. Adalah hard disk, perangkat keras yang memiliki fungsi vital bagi komputer kita. Biasanya, contoh kerusakan yang terjadi adalah kerusakan bad sector. Untuk mengatasinya, Anda bisa memperoleh informasi-informasi lebih detil di internet, atau e-Book yang dijual secara online. Satu catatan bagi Anda, sebaiknya jangan melarikan (membawa) komputer Anda ke tukang servis, sebab harga banderolan cukup mahal dan maraknya tukang servis ‘nakal’.

Terserang Virus Komputer
Apabila Anda sering melakukan file transfer dari internet ke komputer, maka sangat rentan bagi hadirnya virus di perangkat komputer yang kita gunakan. Akibatnya, selain sering terjadi hang, proses lamban pun juga akan menjadi rutinitas saat menghidupkan komputer. Cara mengatasi kendala tersebut adalah dengan meng-upgrade database antivirus secara rutin. Hal ini dilakukan agar komputer yang kita gunakan terhindar dari bahaya virus komputer sehingga kinerja komputer lebih terjamin kecepatannya.

Itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan, selamat karena Anda telah menambah satu pengetahuan atau wawasan mengenai penyebab dan cara mengatasi komputer lamban/lemot.

0 komentar:

Posting Komentar